Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indonesia Tahan Imbang Arab

Berkat perjuangan gigih tak kenal menyerah, Timnas Indonesia mampu meladeni perlawanan Arab Saudi selama 90 menit. Pertandingan akhirnya berakhir dengan hasil imbang.

Timnas Indonesia menggelar laga persahabatan melawan Arab Saudi yang dihelat di Stadioh Shah Alam, Malaysia, Jumat (7/10/2011) WIB. Untuk merahasiakan taktik, kedua tim sepakat menggelar laga tersebut secara tertutup.

‘Laskar Garuda’ menggunakan skema 4-3-3 di pertandigan ini. Di depan, trio Ferdinand Sinaga, Cristian Gonzales, dan Irfan Bachdim menjadi andalan. Sedangkan di tengah, Wahyu Wijiastanto, Ahmad Bustomi, dan Muhamad Ilham saling bahu membahu. Adapun, mistar gawang Garuda dikawal kiper I Made Wirawan.

Arab langsung mengambil alih dominasi serangan di awal babak pertama. Permainan umpan jauh dengan mengandalkan tinggi badan duet strikernya menjadi andalan Arab Saudi untuk membongkar pertahanan Indonesia.

Baru semenit laga dimulai, gawang Indonesia nyaris bobol. Tendangan Yaseer Al Qahtani masih mampu ditepis I Made Wirawan dan menyebabkan bola hanya membentur mistar gawang.

Arab kembali memperoleh peluang berbahaya di menit ketujuh. Kali ini, tendangan bek Arab Saudi Osama Hawsawi yang melakukan penetrasi masih mampu ditangkap dengan mudah I Made Wirawan.

Semenit kemudian, Al Qahtani kembali mengancam gawang Indonesia. Tendangan Al Qahtani yang sebelumnya berhasil mengecoh Made masih mampu dihalau oleh Supardi.

Indonesia baru bisa keluar dari tekanan Arab selepas menit kesepuluh. Muhammad Ilham nyaris membawa timnas memimpin. Sayang, tendangannya dari sisi kanan dengan menggunakan tempurung kaki masih belum menemui sasaran.

Ilham kembali mendapatkan peluang di menit ke-23. Berawal dari serangan balik cepat, umpan Gonzales disambut tendangan keras Ilham. Namun, kembali belum menemui sasaran.

Di masainjury time, sebuah peluang emas kembali didapat timnas. Umpan Ilham dari sayap kanan dipotong oleh penjaga gawang Arab. Namun, Bachdim yang mendapatkan bola muntah gagal mengkonversinya menjadi gol. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Meski demikian, bentuk permainan timnas Indonesia kurang terlihat. Antarlini tampak tidak bekerjasama dengan baik. Setiap kali menguasai bola, para pemain terlihat terburu-buru mengalirkan bola kepada para penyerang.

Arab Saudi kembali tancap gas di awal babak kedua. Dominasi pertandingan di sepuluh menit awal babak kedua mejadi milik pasukan besutan pelatih Frank Rijkaard itu. Bertubi-tubi serangan yang dilancarkan Arab Saudi, beruntung para pemain bertahan Indonesia tetap sigap mengawal bentengnya.

Beberapa kali serangan balik yang dilancarkan Indonesia kerap membahayakan pertahanan Arab Saudi. Di menit ke-53, Hamka Hamzah, yang melakukan penetrasi ke depan, nyaris membawa Indonesia memimpin. Tendangannya dari sudut sempit mash mampu dihalau kpper Hassan Al-Otaibi.

Namun tiga menit kemudian, giliran Arab yang memiliki peluang berbahaya. Tandukan Nasser Al-Shamrani dengan menggunakan kepala bagian belakang masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Indonesia.

Kesalahan komunikasi antar pemain belakang Arab Saudi nyaris berbuah gol bagi Indonesia. Berawal dari back pass tak sempurna yang dilakukan pemain bertahan Arab kepada kipernya, Irfan Bachdim berhasil mencuri bola. Sayang, tendanganya masih mampu dihalau pemain bertahan Arab.

Shamrani kembali menjadi momok bagi pertahanan Indonesia ketika mendapatkan peluang di menit ke-82. Berawal dari kemelut di depan gawang Indonesia, tendangan Shamrani di muka gawang Indonesia masih melambung jauh di atas mistar.

Hingga pertandingan berakhir skor imbang tanpa gol tetap tak berubah. Hsil imbang ini merupakan modal berharga bagi Indonesia untuk menghadapi Qatar dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia pada 11Oktober nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar