Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dibungkam Qatar, Jalan Indonesia Kian Terjal

Harapan timnas senior Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia kian berat. Timnas kembali menelan kekalahan melawan Qatar dengan skor 2-3.

Timnas Indonesia menjamu Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam pertandingan lanjutan Grup E kualifikasi Piala Dunia zona Asia, Selasa (11/10/2011) malam WIB.

Pelatih timnas Indonesia Wim Rijsbergen menggunakan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Trio Muhammad Ridwan, Cristian Gonzales, dan Bambang Pamungkas menjadi andalan di lini depan. Sementara, trio Firman Utina, Muhammad Ilham dan Hamka Hamzah bahu membahu menlepaskan umpan-umpan matang dari tengah ke lini depan.

Sementara, Qatar menggunakan formasi 4-5-1 di partai ini. Bomber Muhammed Razarak menjadi ujug tombak solo di depan, dibantu lima gelandang enerjik Wesam Rizik, Khalfan Ibrahim, Marcone Amaral, Mohammed Omar, Abdulaziz Al Sulaiti, dan Mohamed El Sayed.

Timnas tampil sedikit grogi di awal pertandingan dan kesulitan menemukan ritme terbaik mereka. Hal itu dimanfaatkan Qatar untuk terus memberikan tekanan bertubi-tubi ke jantung pertahanan ‘Merah Putih’
Baru beberapa detik pertandingan bergulir, sebuah kesalahan komnunikasi di lini belakang Indonesia nyaris berbuah gol bagi Qatar. Beruntung, M Roby masih dengan sigap mengamankan gawang Indonesia.

Pasukan 'Merah Putih' baru bisa keluar dari tekanan Qatar selepas menit ke-12. Bambang Pamungkas dkk berusaha mengobrak-abrik lini pertahanan Qatar melalui permainann umpan jauh langsung ke sisi sayap.
Gawang Indonesia bobol terlebih dahulu di menit ke-13. Abdulazis Al Sulaiti sukses membobol gawang Indonesia yang dikawal kipper Ferry Rotinsulu.

Gol berawal dari solo run gelandang tengah Qatar mulai dari pertahanan Qatar sendiri. Bola kemudian diteruskan dengan umpan terobosan ke sayap kiri yang disambut Sulaiti. Gelandang bernomor punggung 17 itu melepaskan tendangan dari sisi kanan gawang Indonesia dan sukses mencetak gol. 0-1 untuk Qatar.

Gol itu tak membuat Timnas patah arang, mereka terus berusaha menyamakan kedudukan melalui determinasi tinggi. Hasilnya, Cristian Gonzales sukses menyamakan kedudukan di menit ke-26.

Berawal dari sebuah skema serangan balik cepat, Bambang Pamungkas melepaskan tendanga keras dari luar kotak penalti. Bola masih mampu dihalau oleh penjaga gawang Qatar Baba Malick. Namun, Gonzales yang berdiri bebas di depan gawang berhasil mencocor bola rebound masuk ke dalam gawang.

Qatar kembali unggul melalui gol cantik Kalfan Ibrahim. Dengan tenang, Ibrahim yang melihat penjaga gawang Fery Rotinsulu berdiri jauh dari gawangnya, menchip bola dan bersarang mulus di pojok kanan gawang Indonesia. Qatar kembali memimpin 2-1.

Namun, gol itu segera dibalas Cristian Gonzales. berawal dari kemelut di depan gawang Qatar, Supardi melepaskan umpan silang yang langsung disambut sontekan Gonzales. Kedudukan berubah imbang 2-2. Babak pertama pun berakhir imbang 2-2.

Sukses menahan imbang Qatar 2-2 di babak pertama memberikan kepercayaan diri tambahan bagi Indonesia di awal babak kedua. Para punggawa ‘Merah Putih’ mendominasi jalannya pertandingan di awal babak kedua.

Sebuah peluang emas dimiliki Gonzales di menit ke-49. Berhasil lolos dari jebakan offside, Gonzales kemudian melepas tembakan keras yang masih mampu ditepis kiper Qatar Baba Malick.

Catatan penting di tubuh timnas, Purwaka Hadi yang menempati posisi gelandang bertahan, bertukar tempat dengan Hamka Hamzah, tampil cukup baik dalam membangun serangan.

Asyik menyerang, Indonesia dikejutkan melalui gol Qatar memanfaatkan serangan balik. Muhammed Razarak berhasil lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, dia melakukan solo run dari tengah lapangan dan menaklukkan Ferry Rotinsulu. Qatar kembali memimpin 3-2.

Gol itu meruntuhkan mental bertanding Indonesia. Kesalahan passing kerap terjadi dan koordinasi antarlini juga kurang terjalin dengan baik.

Pelatih timnas Wim Rijsbergen berusaha keras menampilkan skema menyerang di pengunjung pertandingan, termasuk menggantikan Hamka Hamzah dengan Yongki Ariwibowo. Namun, hingga peluit pertandingan ditiupkan keunggulan Qatar tetap bertahan.

Hasil ini semakin membenamkan harapan Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya. Merah Putih tetap menghuni dasar klasemen Grup E tanpa satu pun mengemas poin.

Susunan pemain:
 
Indonesia:
Ferry Rotinsulu; Zulkifli Syukur, Purwoko Hadi (Ahmad Bustomi, 75'), Muhamad Roby, Hamka Hamzah (Yongki Aribowo, 87'); Supardi, Firman Utina (Hariono, 80'), M Ilham, M Ridwan; Christian Gonzales, Bambang Pamungkas (c)

Qatar:Baba Nalick; Ibrahim Majed, Mohamed Musa (Mesaad Ali, 82'), Bilal Mohamed (c); Wesam Rizik, Khalfan Ibrahim, Marcone Amaral, Mohammed Omar, Abdulaziz Al Sulaiti (Hassan Al Haidos, 73'), Mohammed El Sayed; Mohammed Razarak (Sebastin Soria, 84')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar