Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Liga Telat Digelar, Inilah Akal PSSI Jauhi Sanksi

Liga Indonesia musim depan kemungkinan besar terlambat digelar, namun PSSI punya akal untuk menghindari sanksi dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Akibat kebijakan PSSI merombak struktur kompetisi musim depan, banyak sekali pekerjaan rumah yang harus disiapkan PSSI agar liga dengan format baru dua wilayah itu bisa digelar sebelum 14 Oktober, sesuai tenggat waktu AFC.

Saat ini, PSSI masih menunggu verifikasi AFC terhadap stadion kandang 34 klub yang sebelumnya dinyatakan profesional. Badan sepak bola Asia itu dijadwalkan akan berada di Indonesia mulai 26 September hingga 14 Oktober.

Jika AFC benar-benar memanfaatkan seluruh waktunya, maka jelas liga tak bisa dimulai tanggal 14 Oktober sebab hasil dari verifikasi AFC ini sendiri akan menentukan jumlah final kontestan untuk musim depan.
Jika jumlah peserta berubah, otomatis PSSI juga harus merancang ulang perangkat liga seperti pembagian wilayah, jadwal dan lainnya yang sesuai dengan peserta yang ada. Bahkan ada kemungkinan format dua wilayah batal digunakan.

"Rencana ini sudah diketahui AFC dan AFC berikan waktu memperbaiki dulu semuanya selama beberapa bulan ke depan. Jika nanti akhirnya yang dinyatakan lolos verifikasi 20 tim, maka kompetisi akan dilaksanakan dengan format satu wilayah," ujar wakil ketua Komite Kompetisi PSSI, Toni Aprilani.
Skenarionya, PSSI akan menggelar lebih dahulu satu laga dan kemudian meliburkannya hingga 14 November.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar