Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

PSSI Tunggu Kesanggupan Klub untuk Kompetisi


Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia masih terus menantikan kesanggupan klub-klub untuk mengikuti kompetisi. Klub-klub diharapkan bisa memberikan kejelasan pada Rabu, 10 Agustus 2011.

"Sampai sekarang kami belum tahu berapa klub yang sudah menyatakan kesediaannya, besok (hari Rabu ini) baru kita lihat karena memang batas akhirnya besok," kata Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, Selasa, 9 Agustus 2011.

Sihar menjelaskan, seluruh klub hanya perlu memberikan jawaban akan kesanggupannya untuk mengikuti kompetisi serta memilih kompetisi yang akan diikuti, kompetisi profesional atau amatir. "Dokumen lengkap akan diserahkan pada 22 Agustus," imbuhnya.

Jika ada klub yang memilih untuk mengikuti kompetisi profesional, mereka harus sanggup memenuhi segala persyaratannya. "Termasuk yang deposito sebesar 5 miliar rupiah itu," kata Sihar.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa PSSI akan membantu klub menyelesaikan syarat-syarat kelengkapan mengikuti kompetisi. "PSSI akan membentuk satgas untuk asistensi kelengkapan syarat-syarat ikut kompetisi. Ini kami bentuk untuk membantu klub, apa yang sebenarnya dibutuhkan klub," imbuhnya.

Sihar pun berencana untuk bertandang langsung ke markas-markas klub di lima kota besar. Pertama akan mendatangi klub-klub di Jakarta pada 11 Agustus mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Medan (tanggal 12 Agustus), serta, Surabaya, Makassar, Semarang/Yogya pada 15 Agustus.

Mengenai format kompetisi, Sihar menyatakan hal itu baru bisa dilihat pada 25 Agustus. "Pada saat pengumuman jumlah peserta kompetisi profesional untuk musim depan," katanya. Dari situ, menurutnya, baru bisa diputuskan apakah nantinya akan terbagi dalam banyak wilayah atau tidak.

"Semua tergantung dari jumlah klub yang lolos verifikasi. Tapi format ini, lebih satu wilayah, sudah sesuai dan memenuhi standar AFC," lanjutnya. Sihar menambahkan, klub yang lolos verifikasi didominasi oleh 18 klub Liga Super Indonesia ditambah beberapa klub lain hasil verifikasi.

Sekretaris Jenderal PSSI Tri Goestoro menyatakan hingga hari ini baru Sriwijaya FC yang sudah menyerahkan surat kesanggupan. "Banyak yang datang hanya untuk sekedar menanyakan mengenai kesanggupan ini," kata Tri.

"Banyak yang salah paham, karena kebanyakan dari mereka menganggap kesanggupan ini juga disertai dengan berkas kelengkapan termasuk deposit," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar