Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Guardiola Lebih Penting daripada Lionel Messi


Barcelona boleh kehilangan Lionel Messi, namun mereka akan hancur jika kehilangan pelatih Josep Guardiola. Pujian tersebut disampaikan legenda Argentina.

Mantan pelatih yang sukses membawa Argentina menjuarai Piala Dunia, Cesar uis Menotti, menyuarakan kekagumannya atas Guardiola, yang dianggapnya sebagai kunci sukses Barca dalam beberapa tahun terakhir.

Barca telah mengoleksi tiga gelar La Liga dan dua gelar Liga Champions sejak Guardiola mengambil alih kursi pelatih di Camp Nou tahun 2008 silam. Menurut Menotti, yang sempat menukangi Barca di tahun 1984, merasa Guardiola layak mendapatkan segala pujian.

“Sudah terbukti bahwa Guardiola lebih penting daripada para pemainnya. Tentu saja, dia selalu mengatakan tidak seperti itu, tetapi apalagi yang bisa dia lakukan? Anda tak mungkin mengklaim bahwa Anda yang terbaik,” ujar Menotti, seperti dinukil dari El Pais.

“Lihat saja para pemain mereka. Dimana Pique sebelum ada Guardiola? Atau Pedro? Busquets? Pemain-pemain itu menjadi fenomena di bawah binaan Guardiola. Memang ada sedikit keberuntungan, tetapi sangat gila jika kita bilang Guardiola hanya sukses karena pemain-pemainnya,” lanjutnya.

Menotti kemudian membandingkan Guardiola dengan pelatih Real Madrid Jose Mourinho, dan menurutnya, Guardiola, tidak seperti Mourinho, lebih unik.

Tandasnya, “Mereka sangat mirip secara konsep. Tetapi, saat di atas lapangan, ada perbedaan besar. Banyak pelatih seperti Mourinho, tetapi tak ada yang seperti Guardiola.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar