Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Menteri Agung Dijadwalkan Hadir pada Kongres PSSI


Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dijadwalkan menghadiri kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia di Solo, Sabtu 9 Juli 2011. Selain itu juga Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Rita Subowo.


"Saya dengar rencananya nanti Menko Kesra akan hadir," kata Joko Driyono Pejabat Pelaksana Sekretaris PSSI sekaligus anggota Komite Normalisasi PSSI, di Jakarta, Rabu 6 Juli 2011. Agung Laksono akan hadir mewakili pemerintah.


Dalam kongres yang rencananya akan memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015, juga akan dihadiri perwakilan dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Mereka adalah Frank van Hatum, Primo Cavaro, dan Jeysing Mutiah. Sedangkan federasi Sepak Bola Asia (AFC) mewakilkan Sekretaris Jenderal AFC, Alex Soosay, James Johnson, dan Lazarus.

Kongres tersebut nantinya juga akan dihadiri oleh pemain sepak bola, mantan pemain tim nasional, pelatih sepak bola yang dipilih oleh rapat pleno Komite Normalisasi. Joko menegaskan mereka hadir sebagai peninjau. Menurut Joko ada lebih dari 120 yang mengajukan diri sebagai peninjau. Bahkan ada juga suporter yang mengusulkan diri, tapi Komite Normalisasi tidak bisa mengakomodir.

Ada sekitar 30 orang penijau. Di luar pelatih, pemain dan mantan pemain yang disebut sebagai football family, juga ada dari pemerintah, media, civil society seperti organisasi non pemerintah (NGO), dan anggota PSSI yang tidak memiliki hak suara.

Para peninjau itu akan memantau proses kongres yang hasinya ditentukan oleh 101 pemilik suara sah PSSI. Meskipun hanya satu yang berhak memberikan suara, tapi setiap anggota PSSI mewakilkan dua orang sebagai peserta. Mereka akan memilih salah satu dari 18 kandidat ketua, 16 wakil ketua, dan 9 anggota eksekutif PSSI dan 51 calon yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar