Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Di Belanda Irfan Kalah Tenar Dibanding Durian


Irfan Bachdim sangat terkenal di Indonesia, terlebih sejak dirinya masuk dalam jajaran Timnas Indonesia. Saking terkenalnya, Irfan berpose menjadi bintang iklan di sejumlah produk di Indonesia.

Namun, situasi berbeda terlihat di Belanda. Ketenaran Irfan rupanya kalah dengan buah durian. Reporter Radio Nederland Weredomroep Indonesia (RNW) tampak melakukan survei kecil-kecilan di sebuah tempat pameran di Belanda. Dengan membawa tiga poster, yakni poster bergambar Irfan Bachdim, buah durian, dan poster bergambar hewan Orangutan, si reporter tampak menanyakan ketenaran tiga poster yang dibawanya. Populasi atau orang-orang yang ditanya pun terbatas, yakni para pemuda-pemudi keturunan Indonesia-Belanda.

Hasilnya, poster durian terlihat populer diketahui sejumlah pemuda-pemudi Indonesia-Belanda. Sedangkan Irfan terlihat jarang sekali yang mengetahui.

Sementara Biro statistik Belanda menunjukkan jumlah populasi warga keturunan Indonesia dan mereka yang lahir di Indonesia kian menurun dari tahun ke tahun. Pada tahun 2050, diperkirakan jumlah generasi pertama dan kedua, tinggal sekitar 260 ribu orang saja.

Generasi ketiga, atau kelompok anak muda keturunan Indonesia diperkirakan akan terasimilasi penuh. Penyebabnya, antara lain, mereka kurang berminat atas segala sesuatu yang terkait Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar