Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 Timnas Inggris Melebur di Olimpiade 2012


Empat tim sepakbola yang selama ini mewakili Inggris Raya di ajang internasional bakal melebur menjadi satu kesebelasan di arena Olimpiade di London, pada musim panas 2012.

Demikian keputusan Asosiasi Olimpiade Inggris ( BOA) yang diumumkan tadi malam (21/6/2011) waktu London, Inggris atau dinihari WIB. BOA menyebut kesepakatan bersama dengan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) itu sebagai keputusan bersejarah dalam persepakbolaan Inggris. Terakhir, tim Inggris Raya sebagai satu kesebelasan tampil di Olimpiade 1960 di Roma, Italia.

Dengan keputusan tersebut, para pesepakbola yang selama ini tampil membela Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara harus siap bersaing untuk mendapatkan tempat di tim nasional Inggris.

Bintang-bintang lapangan hijau Wales, seperti Gareth Bale dan Arsenal Aaron Ramsey nantinya akan bersaing mendapatkan tempat di timnas Inggris Raya dengan pemain Inggris seperti Jack Wilshere dan Theo Walcott.

Selain tim putra, Inggris Raya juga akan menampilkan tim putri yang dipertandingan untuk pertama kalinya di ajang olahraga tingkat dunia dunia empat tahunan itu.

FA, sebagai induk sepakbola Inggris yang diakui Komite Olimpiade Internasional (IOC), akan mengkoordinasikan seleksi dan pemilihan pemain yang akan memperkuat timnas Inggris Raya di Olimpiade 2012.

Wales dan Skotlandia menentang keputusan penyatuan tim sepakbola Inggris Raya tersebut dan menilai semata-mata hanya untuk mendongkrak penjualan tiket.

“Kami menolak ambil bagian di Tim Inggris Raya. Kami perlu melindungi identitas kami,” ujar Ketua FA Skotlandia Stewart Regan sebagaimana dikutip Sunsports.

Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia khawatir keputusan tersebut bakal menjadi preseden yang membuat mereka tidak bisa tampil lagi di ajang Piala Dunia.

“Menonton Tim Inggris Raya tampil di lapangan pada 2012 bakal menjadi momentum yang menentukan di Olimpiade London,” ujar Kepala Eksekutif BOA Andy Hunt.

Pernyataan tersebut langsung ditanggapi miring oleh Regan. "Saya kira Andy Hunt mendapatkan tekanan dari Panitia Pelaksana dan IOC untuk mendongkrak penjualan tiket pertandingan-pertandingan sepkabola."

Panitia berencana menjual lebih dari satu juta lembar tiket pertandingan sepakbola di ajang Olimpiade Musim Panas tahun depan itu. Sejauh ini, tiket tersebut disebut-sebut kurang mendapat respons antusias dari warga Inggris Raya yang dikenal sebagai bolamania. Hal itu berbeda dengan penjualan tiket Liga Champions atau final Piala FA yang laris manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar